Labels

daniera (118) kanazawa (7) nada (92) pengetahuan umum (6) profesi guru (1) puisi (16) skripsi (1)

Minggu, 18 Mei 2008

Tips-tips Menghadapi Sidang Skripsi

SERI: PENDIDIKAN
Diunduh dari: Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting
Penulis: Atmazaki
Penerbit: Citra BudayaIndonesia
Cetakan: I Agustus 2006

Tips Menghadapi Ujian Skripsi
1.Ujian tugas akhir tidak sekadar menguji kemampuan akademik tetapi juga sikap akademik. Kadang-kadang penguji sedang melihat sikap Anda dengan pertanyaan “aneh”. Oleh sebab itu, jawab saja berdasarkan yang Anda tulis. Jangan sekali-kali memancing perdebatan! Anda tidak akan pernah menang di dalam ruang sidang ujian.

2.Jangan ada pertanyaan yang tidak dijawab. Oleh sebab itu, dengarkan komentar dan pertanyaan penguji dengan baik. Kadang-kadang pertanyaan muncul begitu saja saat penguji memberi komentar. Pegang pena dan kertas, catat kata-kata kunci pertanyaan itu. Dengan demikian, Anda dapat menjawab secara komprehensif.

3.Jangan menguasai forum! Tempatkan diri Anda sebagai orang yang sedang belajar. Mengangguk atau katakan “Ya” atau “Saya pertimbangkan” terhadap semua saran. Tidak ada ruginya mengatakan “Ya”, meskipun, dalam hati Anda merasa saran itu kurang/tidak relevan.

4.Bagaimanapun setiap penguji ingin terlihat “gagah”; ingin agar kata-katanya didengar. Oleh sebab itu, jangan Anda berupaya untuk “lebih gagah” daripada penguji. Mendengarkan dengan baik, dengan wajah penuh harap akan bantuan merupakan sikap yang dapat membuat penguji merasa Anda memercayainya. Ingat! Anda sedang dinilai!

5.Selalulah merasa bahwa semua penguji sedang membantu Anda, maka Anda tidak perlu takut. Diakui, setiap mahasiswa yang duduk di kursi teruji akan merasa gugup, takut, gemetar, merasa akan salah, dan perasaan-perasaan “aneh” lainnya. Akan tetapi, apabila Anda bisa tenang mendengar, perasaan itu hanya akan bersarang selama lima menit pertama.

6.Suara yang kuat diperlukan karena akan menambah kewibawaan. Akan tetapi, sering juga terjadi, suara jadi kurang kuat karena cemas. Suapaya suara bisa kuat, bernafaslah dengan teratur, keluarkan suara dari perut, jangan dari dada, sehingga tidak terkesan cengeng.
***dm

1 komentar:

  1. Ciye...Dewox baru tahun pertama dah bisa bikin tips buwat skripsi.
    Boleh kapan-kapan diajarin, tapi nanti aja kalo dah mau lulus!!!
    Dew, di blognya tambahin kuis dong!

    BalasHapus